Rabu, 23 Desember 2009

Pembuatan Model dengan 3D Max


I. PENGERTIAN MODEL

Model adalah pola dari suatu objek atau abstraksi dari suatu gambaran yang nyata. Jadi, Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup.

II. MENGENAL 3D MAX

Sebelum memulai untuk membuat karakter, ada baiknya untuk mengenal lembar kerja 3D max terlebih dahulu. Di bawah ini disajikan gambar serta sedikit keterangan mengenai lembar kerja 3D Max.

1. Menu Bar merupakan kumpulan perintah dalam bentuk teks.

2. Toolbar merupakan tombol perintah dalam bentuk gambar.

3. Command Panel merupakan perintah-perintah utama.

4. Object Categories digunakan untuk membuat objek.

5. Rollout merupakan menu yang dapat diringkas.

6. Viewport merupakan tempat untuk pembuatan objek.

7. ViewCube digunakan untuk mengatur pandangan di viewport berbentuk kubus.

8. Viewport Navigation Controls digunakan untuk mengatur pandangan di viewport.

9. Animation Playback Controls digunakan untuk mengontrol animasi.

10. Animation Keying Controls digunakan untuk membuat animasi.

11. Coordinate Display berfungsi untuk menampilkan koordinat kursor saat ini, atau status transformasi pada objek.

12. Time slider berfungsi untuk memindah frame yang akan digunakan untuk membuat animasi.

III. MEMBUAT OBJEK STANDARD PRIMITIVES

Sebenarnya banyak sekali pilihan yang disajikan dalam 3D max, tapi untuk saat ini saya hanya menjelaskan sekilas tentang pembuatan objek Standard Primitives.

Langkah untuk membuat objek Standard Primitives adalah:

  1. Aktifkan panel Create
  2. Klik tombol Geometry
  3. Pilih kondisi Standard Primitives
  4. Tentukan pilihan objek yang mau dibuat pada rollout Object Type.

Membuat Balok

Langkah untuk membuat balok adalah:

  1. Ikuti langkah yang tertera pada pembuatan objek Standard Primitive.
  2. Klik tombol Box pada Object Type.
  3. Aktifkan pilihan Box pada rollout Creation Method.
  4. Klik-tahan dan geser untuk menentukan luas balok, lepas klik mouse kemudian geser pointer mouse untuk menentukan tinggi balok tersebut, dan akhiri dengan klik.
Membuat Kubus

Langkah untuk membuat balok adalah:

1. Ikuti langkah yang tertera pada pembuatan objek Standard Primitive.

2. Klik tombol Box pada Object Type.

3. Aktifkan pilihan Shapes pada rollout Creation Method.

4. Klik-tahan dan geser sehingga akan membentuk kubus.

Dan banyak lagi objek pada Standard Primitive yang dapat anda coba sendiri.

Sumber:

Buku Autodesk 3DS MAX 2009

http://www.damandiri.or.id/file/abdwahidchairulahunairbab2.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar