Minggu, 26 September 2010

Pengertian Teknologi Informasi

Beberapa defenisi teknologi informasi dari beberapa ahli diantaranya :
  • Haag den Keen (1996), Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

  • Martin (1999), Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras atau lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
  • Williams dan Swayer (2003), Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. 

Jadi, teknologi informasi sebenarnya bukan hanya sekedar teknologi komputer tetapi juga teknologi komunikasi. Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer termasuk juga peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, dsb. Sedangkan tenologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh, misalnya telepon. Mengapa dikatakan bahwa teknologi informasi tidak hanya sekerdar teknologi komputer?karena hubungan antara keduanya (teknologi komputer dan teknologi komunikasi) sangat erat. Tanpa jalur komunikasi pada teknologi komputer, rasanya tidak mungkin teknologi komputer akan berkembang dengan pesat. perlu adanya informasi-informasi dari dunia luar (dunia internet) untuk meningkatkan kinerja dari teknologi computer. teknologi informasi tersebut dapat dikelompokkan menjadi 6 teknologi, yakni teknologi komunikasi, teknologi masukan, teknologi perangkat lunak, teknologi penyimpanan, dan teknologi mesin pemroses.
contoh teknologi masukan : keyboard, scanner, dll.
contoh teknologi mesin pemrosesan : CPU, mikroprosesor, dll.
contoh teknologi penyimpanan : memori internal (ROM dan RAM), memori eksternal (flashdisk, dll).
contoh teknologi keluaran : printer, monitor,dll.
contoh teknologi peranti lunak : Microsoft Word, dll.

perbedaan teknologi informasi dengan system informasi
Sistem informasi adalah sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Sedangkan Teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga: lebih cepat, lebih luas sebarannya dan lebih lama penyimpanannya.
Dari pengertian di atas, dapat kita simpulkan perbedaan SI dan TI adalah SI merupakan sistem yang menyediakan informasi bagi penggunanya. Sedangkan TI lebih kepada teknologi yang digunakan untuk menunjang semua kegiatan SI.
sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar