Selasa, 03 Mei 2011

Jurnal Internasional VSRD CS & IT Vol. 1 (1), 2011 1 (1), 2011 (E-Governance & Cloud Computing)


Revolusi di internet merubah tata cara kita dalam bekerja, belajar dan berinteraksi. Revolusi terebut menuntut pemerintah untuk membuat suatu cara yang disebut E-Goverence dengan tujuan memberikan layanan yang dibutuhkan pada waktu yang dibutuhkan dengan lebih interaktif kepada masyarakat dan perusahaan . Dalam hal ini, penggunaan cloud computing diharapkan dapat menghemat biaya secara signifikan. Sebuah sistem e-government harus dapat memilih layanan dan mampu menyediakan layanan yang efektif dan efisien yang dapat diandalkan, memberikan kemudahan dalam hal pemeliharaan dan dapat memuaskan non-functional lainnya. Terdapat 2 kecenderungan yang menyangkut masalah tersebut yaitu pembangunan konstan infrastuktur komputer yang menjadi lebih kuat dengan biaya yang lebih sedikit atau meningkatkan konstan keterampilan dan pengetahuan pengguna dalam operasi komputer dan internet.
Cloud computing adalah sebuah konsep baru untuk komputasi dan telah dianggap sebagai masa depan komputasi. Jurnal ini menjelaskan peran standard cloud computing dalam membingkai strategi E-Governance yang baik untuk mewujudkan E-Goverment.  Menurut Cloud IEEE Computer Society Computing adalah: "Sebuah paradigma di mana informasi secara permanen disimpan di server di Internet dan cache
sementara pada klien yang meliputi desktop, pusat hiburan, meja komputer, notebook, komputer dinding, handhelds, dll." Tujuan utama dari cloud computing adalah menyediakan layanan ICT dengan infrastruktur sebagai jasa, perangkat lunak, platform, jaringan dan penyimpanan data sebagai layanan.
E-Government sistem membutuhkan entitas seperti perangkat lunak, perangkat keras, layanan, manajemen, jaringan, bisnis, kebijakan, keamanan dll untuk bertaha dan berfungsi dengan baik. Sayangnya pendekatan yang sekarang atau teknologi tidak cukup untuk mengelola semua entitas. Cloud Computing yang memperlakukan semua entitas sebagai layanan dapat digunakan dalam sistem e-government. Dalam rangka membuat e-government yang dapat bertahan untuk waktu yang lama, cloud computing lah solusinya. Cloud computing memungkinkan pemerintah untuk menyediakan layanan dengan lebih cepat dan lebih murah sehingga mempercepat adopsi dan penggunaan Teknologi Informasi untuk e-services.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar